[ Keluarga ]

Daftar Senyawa Bermanfaat Ini Wajib Ada dalam Susu Bayi Pilihan Bunda

Satu-satunya jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh bayi baru lahir sampai dengan usia balita adalah susu. Susu ini merupakan minuman yang kaya akan nutrisi, bahkan lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Bahkan bukan hanya bayi saja, banyak diantaranya orang-orang tua yang juga masih mengkonsumsinya setiap hari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Susu bayi ini pada dasarnya memang bisa didapatkan secara alami dari wanita yang sudah melahirkan atau ibunya, dengan nama ASI. Hanya saja berbagai macam faktor membuat bunda mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan akan ASI setiap hari.

Diantaranya adalah faktor pekerjaan, kemudian juga faktor kesehatan dan yang lainnya, sehingga mau tak mau harus menggunakan produk susu formula yang banyak dijual di pasaran. Lalu apakah kandungan produk yang satu ini sudah mencukupi kebutuhan si kecil? Faktanya meskipun tidak selengkap ASI, namun kandungan gizi yang diformulasikan di dalamnya hampir sama, sesuai dengan kebutuhan bayi sesuai dengan tingkatan usia mereka.

Susu Bayi

Bahkan beberapa produk diantaranya diformulasikan secara khusus untuk bayi yang mengalami intoleransi laktosa, sehingga tetap aman untuk mereka konsumsi. Diantara sekian banyak zat atau nutrisi yang terkandung dalam susu bayi, maka berikut ini diantaranya yang sangat dibutuhkan oleh si kecil, yaitu:

  1. Protein, ini merupakan zat pembangun sel-sel dalam tubuh, setiap orang memiliki kebutuhan protein yang berbeda-beda setiap harinya. Umumnya protein ini didapatkan dari bahan-bahan seperti daging dan juga hewan, sebagian berasal dari biji-bijian yang dikenal juga sebagai protein nabati. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan penyakit kwashiorkor, sehingga tak jarang diantaranya orang tua yang tetap membiasakan anak mereka meminum susu bahkan setelah menginjak usia dewasa. Karena belum tentu bahan makanan yang dikonsumsi setia hari cukup.
  2. Karbohidrat, tak jauh berbeda dengan protein, karbohidrat juga ikut andil dalam pembentukan sel-sel tubuh, lebih dari itu zat gula ini juga berperan dalam menghasilkan energi sehingga dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Hanya saja takarannya harus diperhatikan sehingga tidak memicu resiko obesitas.
  3. Lemak, dipakai untuk membangun sel tubuh dan juga mencerna beberapa jenis vitamin yang masuk dalam tubuh, sama halnya dengan karbohidrat, maka jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh disini jauh lebih kecil nilainya dibandingkan dengan senyawa lain.
  4. ALA dan DHA, senyawa yang satu ini berperan dalam mengoptimalkan perkembangan sel-sel syaraf buah hati Anda. Itulah mengapa bayi yang kekurangan kedua jenis senyawa tersebut biasanya tidak bisa optimal dalam belajar ketika sudah dewasa, lemot dalam mencerna materi yang masuk ke otak mereka.
  5. Kalsium, vitamin D dan fosfor, ketiga jenis senyawa ini memang bekerja secara berkesinambungan, diantaranya adalah ditujukan untuk kebutuhan mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi bayi sehingga bisa lebih optimal.
  6. FOS dan GOS, senyawa yang satu ini juga memiliki peran yang tak kalah penting, ditujukan untuk menyehatkan sistem pencernaan si kecil. Membantu dalam mengoptimalkan penyerapan makanan yang masuk kedalam tubuh lebih optimal.

Setidaknya itulah 6 jenis kandungan yang sangat dibutuhkan oleh bayi, pastikan semuanya ada dalam susu bayi pilihan Anda yang dijual di pasaran. Dari berbagai macam merk biasanya harga yang ditawarkan juga berbeda-beda, ada yang mahal namun juga tak jarang yang murah. Hendaknya bukan hanya dari segi harganya, melainkan lihat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tags: ,

admin

Send a Comment

Your email address will not be published.