Biaya Perpanjangan STNK Mobil
[ Otomotif ]

Ini Dia Biaya Perpanjangan STNK Ter-update

Tahukah anda bahwa biaya perpanjangan STNK mobil mengalami kenaikan terhitung sejak tanggal 6 januari 2017 yang lalu, hal ini sebetulnya telah diatur di dalam peraturan perundangan yang berlaku yakni tepatnya pada peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2017, awalnya biaya perpanjangan surat tanda nomor kendaraan untuk mobil ini hanya berkisar Rp 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) namun setelah kenaikan tarifnya menjadi sekitar Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Rincian biaya tersebut antara lain di dalamnya termasuk biaya balik nama kendaraan bermotor atau BBN-KB, Pajak Kendaraan bermotor atau PKB, Asuransi sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan atau SWDKLLJ, serta biaya administrasi tanda nomor kendaraan bermotor atau TNKB.

Setelah anda mengetahui kenaikan biaya perpanjangan STNK mobil ini maka anda tentu seharusnya tidak akan kaget lagi ketika nanti anda melakukan perpanjangan dan ternyata lebih tinggi dari yang anda duga sebelumnya. Sebagai tambahan informasi serta mengingatkan kembali anda yang hendak melakukan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan, di bawah ini merupakan berkas-berkas yang harus anda siapkan, yaitu sebagai berikut:

Biaya Perpanjangan STNK Mobil

  1. Kartu identitas diri anda seperti kartu tanda penduduk atau surat keterangan identitas diri, bawalah yang asli karena anda akan dimintai dokumen yang asli, bukan fotokopi sehingga anda tidak perlu menggandakannya terlebih dahulu.
  2. Surat tanda nomor kendaraan yang hendak diperpanjang, dokumen ini pun harus yang asli karena nantinya lembar STNK yang lama akan diganti dengan yang baru dengan masa berlaku hingga satu tahun ke depan.
  3. Buku pemilik kendaraan bermotor atau BPKB, dokumen ini pun tidak perlu anda gandakan karena sama seperti KTP di atas anda akan diminta dokumen yang asli bukan hasil fotokopi.
  4. Apabila BPKB mobil anda masih berada di pihak lain karena suatu alasan tertentu misalnya belum lunas kreditnya, maka anda harus meminta surat keterangan dari pihak leasing tersebut yang menyatakan bahwa kendaraan dengan nomor polisi yang dimaksud memang merupakan kendaraan milik anda dan BPKB atas kendaraan tersebut masih dalam penguasaan leasing.

Setelah dokumen-dokumen di atas anda penuhi barulah anda bisa menuju kantor samsat terdekat untuk melakukan perpanjangan stnk mobil anda, selain melalui kantor samsat anda pun bisa melakukan perpanjangan stnk secara online dengan syarat dan ketentuan yang secara umum tidak jauh berbeda. Sekian artikel mengenai biaya perpanjangan STNK mobil yang baru ini, semoga dapat memberikan informasi yang berguna bagi anda terutama yang hendak melakukan perpanjangan stnk, sehingga tidak terjadi kekurangan berkas maupun kesalahan membawa dokumen akibat anda lupa dengan dokumen yang harus dibawa dan akhirnya harus bolak-balik kantor samsat karena hal itu.

Tags:

admin

Send a Comment

Your email address will not be published.